Pengobatan Herbal ala Nabi Muhammad SAW

Bukhari – volume 007, Buku 071, Nomor Hadits 582
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda,
“ Tidak ada penyakit yang Allah telah menciptakan, kecuali Dia juga telah menciptakan obatnya.”

Pengobatan pada zaman Nabi adalah pengobatan dengan mengunakan bahan – bahan atau tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar. Telah banyak buku – buku yang beredar dimasyarakat tentang cara – cara pengobatan yang alamiah. Terapi yang holistic adalah terapi yang menyeluruh, tidak hanya mengobati bagian fisik tetapi juga mengobati spiritualnya. Karena semua penyakit berpusat pada otak, semakin orang tersebut optimis sembuh maka kesembuhan akan lebih cepat, InsyaAlloh!

Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam terapi holistic yaitu:

a.Spiritual
Ini mengambil posisi yang besar yaitu 20 %. Alloh tidak akan mengubah takdir kalau orang tersebut tidak berdoa meminta kesembuhan kepada yang memiliki obat. Selalu mendekatkan diri kepada Alloh adalah solusi yang penting pada setiap pengobatan. Menerima sakit yang diberikan tanpa mengeluh maka Alloh sedang mengugurkan dosa yang ada dalam tubuhnya. Setiap meminum obat haruslah berdoa ke pada Alloh untuk meminta kesembuhan. Amalan yang diterapkan oleh orang sakit selain doa adalah dzikir, sabar, sholat dan infak/sodakoh. Karena amalan tersebut bisa menjauhkan kita dengan penyakit.

b.Emosional ( 20 % )
Emosi yang tidak terkontrol akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Menyebabkan penyakit dan menurunkan factor imun. Factor imun turun bisa disebabkan karena stress. Stress ini bisa terjadi jika emosional yang tidak setabil dan tidak sehat dalam psikologinya. Jika kita mengalami emosi yang tidak terkontrol maka ambillah air wudhu. Jika kita menemui orang yang sedang marah hendaknya kita diam. Kita menyuruh orang tersebut untuk duduk jika tidak sembuh disuruh berbaring jika masih tidak terkontrol suruh untuk mengambil air wudhu.

c.Mental ini mengambil 20 % dalam kesembuhan
Mental ini berkaitan dengan keyakinan orang tersebuat dengan kesembuhan. Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya kecuali kematian. Jadi kita sebagai orang yang mempunyai iman kita harus yakin bahwa Alloh akan memberikan kesembuhan kepada kita. Hati – hati dengan keyakinan karena ini akan menyebabkan kecemburuan Alloh. Sebagai contoh kita celupkan tulisan doa dan memasukka ke air putih meyakini bahwa itu adalh obat yang mujarab. Itu salah besar, bahwa Alloh yang member kesembuhan dan berdoa bahwa Alloh yang hanya bisa member kesembuhan kepada kita. Beda dengan kisah dibawah ini, kita member doa pada air putih dengan meminta kepada Alloh bahwa dengan air ini bisa menyembuhkan. Kita harus hati – hati karena obat yang kita yakini malah bisa menjadi racun dalam tubh kita.

d.Fisik
Fisik hanya mempunyai 10 % saja. Bahwa fisik mempunyai tingkat kesembuhan yang cepat disbanding dengan aspek lain. Cara – cara yang harus diterapkan yaitu makan – makan yang sehat. Jangan terlalu banyak makan daging, ikan berdaging hitam, makanan yang asam. Karena bisa menimbulkan banyak penyakit jika dimakan secara berlebihan. Konsumsilah obat yang HALAL jangan mengunakan barang kharam untuk mendapatkan kesembuhan. Karena masih banyak obat yang halal yang bisa dipergunakan.

Konsumsilah herbal yang ada disekeliling kita bisa seperti buah, daun, rimpang maupun batang. Tidur yang berkualitas merupakan aspek penyembuhan secara fisik. Tidur yang tidak berkualitas akan mempengaruhi organ lain dalam tubuh. Lakukan bekam, ini merupakan pengobatan yang di Sunahkan oleh Nabi Muhammad. Keropraktik yaitu pembenahan tulang belakang karena semua penyakit akan berpusat pada tulang belakang. Banyak makan makanan yang mengandung vitamian C seperti Rosella, madu dll

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>